Sabtu, 25 April 2020

Cerita Hidup Kim Jong Nam, Dari Perintah Pembunuhan Sampai Jadi Pelarian

ZONAKONSPIRASI- Saudara tiri pimpinan Korea Utara Kim Jong Un, Kim Jong Nam, 46, wafat diracun, Senin (30/2/2017), minggu ini di lapangan terbang Kuala Lumpur, Malaysia. Pembunuhan Kim Jong Nam ini menimbulkan banyak pertaruhan. 

Belakangan ini, tersebar cerita hidup Kim Jong Nam yang tuturnya sempat seringkali jadi korban eksperimen pembunuhan. Diceritakan juga, Kim Jong Nam sempat menghiba pada adik tirinya yang mengusirnya ke pengisolasian tidak untuk membunuhnya, kata dua politikus Korea Selatan yang mendapatkan info ini dari dinas intelijen Korea Selatan. 

Dikutip The Guardian, lima tahun yang lalu, Kim Jong-nam minta adiknya mengambil surat perintah pembunuhan dianya. "Kami tidak dapat pergi ke mana-mana, tidak dapat sembunyi ke mana-mana. Kami ketahui tentu salah satu langkah untuk bebas dengan bunuh diri, " kata Kim Jong Nam dalam surat pada Kim Jong Un, seperti disampaikan salah seorang dari dua politikus Korea Selatan itu. 

AS serta pemerintah Korea Selatan yakini Kim dibunuh oleh agen-agen dinas rahasia Korea Utara, walau yang baru saja ini diamankan untuk terduga pembunuhan ialah dua wanita berpaspor Indonesia serta Vietnam dan seorang masyarakat Malaysia. 

Anak paling tua almarhum bekas pimpinan Korea Utara Kim Jong Il itu sepanjang tahun hindari sorotan publik sebab ayah serta ibunya yang bekas artis itu menikah di bawah tangan. 

Ia belum pernah dipertunjukkan pada kakeknya, bekas pimpinan Korea Utara Kim Il Sung, sampai umurnya lima tahun. Kim Jong Nam habiskan waktu sembilan tahun dalam suatu sekolah internasional di Jenewa, Swiss. 

Saat kembali pada Pyongyang, ia masuk dalam pemerintahan. Ayahnya jadi penguasa Korea Utara pada 1994 serta Kim Jong-nam semenjak itu dipandang seperti calon penting penerusnya. 

Tetapi pada Mei 2001, Kim Jong Nam ditahan di Lapangan terbang Narita, Tokyo, sebab memakai paspor palsu Republik Dominika. Waktu itu ia ditemani istrinya, seorang wanita pengasuh anak serta seorang anak berumur empat tahun. 

Waktu itu diakuinya jika keluarganya ingin berkunjung ke Tokyo Disneyland. Ke-4 orang ini dideportasi Jepang untuk kembali pada Korea Utara lewat Beijing. 

Ayahnya malu mengagumkan serta semenjak itu bintang Kim Jong Nam untuk penerus ayahnya, meredup. 

Ibundanya, Song Hye Rim, akhiri hidup di Moskow, menjauh dari ia serta wafat disana sesudah stres sepanjang tahun. Kim akui sering nyekar ke makam ibunya di Moskow. 

Sesudah kejadian Disneyland Tokyo itu, hampir selama tersisa hidup Kim Jong Nam dihabiskan di luar negeri, pertama di Tiongkok dan Macau. 

Dinas intelijen Korea Selatan mengatakan Kim mempunyai beberapa istri serta anak baik di Beijing atau Macau. 

"Mengingat saya dididik di Barat, saya terbisa nikmati kehidupan bebas semenjak kecil serta saya masih senang hidup bebas, " catat ia dalam surat pada seorang wartawan Jepang, Yoji Gomi, yang menulis buku mengenai Kim Jong Nam pada 2012. "Fakta saya berkunjung ke Macau demikian seringkali ialah sebab ini ialah tempat paling bebas serta liberal dekat China dimana keluarga saya dapat tinggal." 

Ke-2 politikus Korea Selatan itu meneruskan jika Kim Jong Un keluarkan perintah pembunuhan abangnya itu demikian berkuasa serta telah ada satu usaha eksperimen pembunuhan yang tidak berhasil pada 2012. 

Fakta Kim Jung Un ingin akhiri hidup abangnya semata-mata sebab ia membenci kakaknya itu, kata Kim Byung-kee, salah seorang dari dua politikus Korea Selatan di atas. 

Beberapa analis yakini Jong Un yakin abangnya dapat digunakan untuk menjatuhkan kekuasaan ia. 

Sesudah eksperimen pembunuhan yang tidak berhasil itu, Kim Jong-nam belum pernah tinggal lama di satu tempat serta sering bolak kembali ke beberapa kota di Asia Tenggara serta China. 

Kim Jong-nam sendiri tidak dapat sembunyikan perasaannya untuk merendahkan potensi adik tirinya. 

"Saya kakak tirinya, tetapi saya tidak sempat berjumpa ia, jadi saya tidak tahu, " katanya pada Gomi. 

"Saya mencemaskan bagaimana Jong Un yang hanya seperti kakek saya, penuhi kemauan rakyat Korea Utara. Kim Jong-un hanya figur kecil saat beberapa anggota elite kekuasaan jadi pemegang kekuasaan yang sebetulnya. Suksesi yang dinastis jadi gurauan di dunia luar." 

Ia memberikan tambahan, "Rezim Kim Jong Un tidak tahan lama. Tanpa ada reformasi, Korea Utara akan ambruk serta saat perkembangan berlangsung, rezim itu akan ambruk." 

Beberapa petinggi Korea Utara sudah dibikin bersih atau dibunuh semenjak Kim Jong Un berkuasa. Mereka itu termasuk juga pamannya sendiri, Jang Song-thaek, yang dipandang seperti orang terkuat ke-2 di Korea Utara serta dipercaya dekat sama Kim Jong Nam yang sempat turut membesarkannya. 

"Saya dibesarkan oleh cinta spesial dari bibi serta paman serta saya tidak menyanggah mereka berdua memang menyayangi saya, " kata Kim Jong-nam dalam catatan yang dicatat Gomi sebelum pamannya dibunuh. 

UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI

Share:
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com