Minggu, 18 November 2018

Lulur Samak, Hantuk Tikar Penunggu Sungai Mitos Sunda

Image result for setan tikar



ZONAKONSPIRASI- Kesempatan ini saya akan mengupas tentang mitos/ legenda di daerah saya,,,,,yakni di Sumedang lebih spesifiknya yakni di Desa Dukagalih Dusun Tenjolaya!!! 

Di daerah sumedang ada seperti keyakinan jika di sungai-sungai itu ada penghuninya serta si mahluk ini diberi nama "Leled Samak" (Samak = Tikar).Sampai sekarang saya juga tidak pernah lihat bentuk dari Leled Samak ini serta lagian saya ikut tidak ingin sebab Leled Samak ini termasuk juga mahluk halus!! 

Menurut narasi dari mulut ke mulut serta dari sesepuh,bentuk Leled Samak tersebut seperti samak biasa!!ohh iya saya lupa saya belumlah ngejelasin makna Leled Samak tersebut!! 

Jadi Leled Samak adalah kombinasi dari 2 kata dari bahasa daerah jawa barat,yakni bahasa sunda!! 
Leled itu bermakna menggulung serta Samak itu ialah Tikar.Dalam kata lainnya Leled Samak itu ialah Tikar yang menggulung.Telah mengertikan gan??? 

Kita teruskan,,Sesudah bertanya sini bertanya sana dapet ikut narasi tentang asal mula Leled Samak!!Konon Leled Samak datang dari arwah orang mati yang gentayangan entahlah sebab belumlah ingin mati atau sebab bunuh diri!!Lohh,apakah hubungan arwah dengan samak/tikar??? 

Anda semua tahu bukan,tata langkah menguburkan jenazah??? Sebelum jenazah dikuburkan,jadi jenazah ini mesti dimandikan dahulu serta sebagai alas untuk memandikan jenazah ini ialah Samak/tikar barusan yang dibawahnya di taruh gedebog pisang!!Serta yang jadikan Samak barusan jadi Leled Samak atau mahluk halus penghuni sungai ini ialah 

Arwah orang yang dimandikan diatas samak ini ingin tahu entahlah sebab bunuh diri atau sebab belumlah ikhlas untuk tinggalkan alam dunia ini. 

Samak yang dipakai untuk memandikan jenazah barusan dibuang ke sungai. 

Jadi gan,telah jadi satu keyakinan di daerah saya alat yang habis digunakan memandikan jenazah,baik itu samak atau gedebog pisang tidak bisa dibuang ke sungai sebab samak itu dapat membahayakan nyawa beberapa orang yang tengah ada di tepi sungai sebab menurut narasi yang saya dengar jika kita menaiki samak sisa memandikan jenazah yang mengapung sebab terikut arus jadi kita akan selekasnya di gulung oleh samak yang sudah menjadi Leled samak itu serta dibawa ke basic sungai sampai wafat.Begitu juga bila samak ini tengah mencari korban,orang yang ada di tepi sungai juga dapat jadi korban Leled Samak walau orang itu tidak menaiki samak itu!!Hingga bila di daerah saya ada orang yang terbenam saat tengah ada di pinggir sungai sendirian senang dikait-kaitkan dengan Leled Samak ini!! 

Serta menurut kakek saya supaya tidak diganggu Leled samak,jauhi bermain di pinggir sungai saat waktu "SAMALANGSA (Samalangsa = waktu yang disenangi oleh mahluk halus untuk berkeliaran)" yakni pada pukul 10.00 siang sampai 12, jam 14.30 sampai 15.30 serta pada pukul 16.30 sampai 18.00!!Serta mencegah yang paling penting ialah jangan sampai ambil,menggenggam serta menaiki Samak yang mengapung sebab terikut arus sungai sebab bisa jadi samak itu ialah Leled Samak yang tengah mencari korban!! 

Dikisahkan dulu seringkali sekali peristiwa yang terkait dengan Leled Samak ini akan tetapi mungkin dengan bersamaan mengembangnya jaman serta telah jarangnya beberapa orang ke sungai dan belum pernah nya kembali samak sisa memandikan jenazah dibuang ke sungai jadi cerita Leled Samak sang penghuni sungai telah jarang terdengar!Untuk penambahan,Leled Samak senang sekali ada di muara sungai!! 

Demikian gan,narasi mitos tentang Leled Samak yang berada di daerah saya!! Apakah di daerah anda ada legenda yang sama dengan di daerah saya??? 

Berhati-hati ya gan jika anda sekalipun ingin mandi di sungai ^_^ 

Share:
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com