Senin, 06 Juli 2020

Ramai Video Serangan Teroris di Algeria

ZONAKONSPIRASI- Pembuat hoaks yang satu ini kelihatannya kurang rekreasi. Ia menebar video yang tuturnya serangan teroris di Algeria. Nyatanya, video itu diambil dari permainan animasi yang adegannya berkesan alami. 

Video itu menunjukkan pesawat memiliki ukuran besar akan landing. Waktu roda hampir sentuh landasan picu, mendadak pesawat itu terbang kembali sebab ada truk tangki yang menghambat. 

Video itu tersebar luas serta menghiasi teras Twitter. Satu diantara netizen yang menebarkan lagi ialah pemilik account Atif Sharif (@atifsharifbutt). “Terrorist Attack in Algeria. Unbelievable!,” tulisnya sambil menyertakan video itu. Banyak netizen yang yakin serta menghargai potensi sang pilot yang mengagumkan. 

Sebetulnya, banyak keganjilan dari video itu. Semenjak awal, adegan pesawat yang akan landing terekam dengan benar-benar detil dari beberapa angle. Yaitu, atas, samping, bahkan juga ketinggian melewati gedung-gedung pencakar langit. Lalu, siapa yang merekam adegan itu? 

Berdasarkan pencarian Jawa Pos, video yang diklaim jadi serangan teroris itu jelas hoaks. Associated Press (AP) News yang bertempat di Amerika Serikat membuat penjelasan yang menyanggah jika insiden itu riil. Judul penjelasannya, Video does not show attempted terrorist attack in Algeria. 

Penjelasan yang keluar pada 13 Juli 2019 itu menerangkan jika video itu adalah sekuel dari video game yang disebarkan dengan cerita palsu. Video pesawat Airbus A380 itu diambil dari permainan Grand Theft Auto (GTA) V. Anehnya, papar AP, video itu di-tweet oleh politisi Pakistan yang menyebutkan langkah lolos yang ajaib. Anda bisa membaca penjelasan itu di bit.ly/BukanSeranganTeroris. 

Kanal YouTube punya The UiGamer mengupload video itu dengan Judul GTA5 — An “Oil Tanker” Accidentally Came in the Runway during landing of A380. Video dengan waktu 2:53 detik itu diupload pada 20 Juni 2019. 

Seterusnya, situs pelacak bukti, hoaxorfact.com, mengulas berita palsu itu dengan judul Pilot Kemampuan Fails Terrorist Attack in Algeria, Video: Fact Cek. Penjelasan yang telah keluar pada 13 Juli 2019 itu mengutarakan jika video itu cuma simulasi permainan tindakan penjelajahan. 

Pengembang game membuat kondisi dimana satu kapal tanker minyak hadir ke landasan picu waktu pendaratan Airbus A380. Saat itu berlangsung, pilot selekasnya terlepas landas sebelum datang supaya terlepas dari kecelakaan. Anda bisa membaca penjelasannya di bit.ly/SekuelSimulasiGTAV. 
UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com