Senin, 01 Juni 2020

Di Satu Ruang Bumi yang Buat Periset Bingung, Waktu Dapat Lenyap Mirakelus

ZONAKONSPIRASI- Di Satu Ruang Bumi yang Buat Periset Bingung, Waktu Dapat Lenyap Mirakelus. Juta-an tahun riwayat Bumi musnah karena skema batuan mirakelus yang disebutkan "Unconformities". Itu penyebabnya periset berkemauan mendapatkan faktanya.

Kesemua orang pernah merasakan "amnesia sekejap", seperti lupa nama rekan atau mungkin tidak ingat mengapa kita ke ruangan tamu. Tetapi, peristiwa kecil ini tidak ada apa-apanya dibanding waktu yang hilang dengan cara mirakelus. Bedanya bisa mencapai beberapa ratus juta tahun.

Diketahui untuk "Unconformities", ketimpangan dalam catatan geologis planet dapat disaksikan pada tumpukan batu yang datang dari periode waktu yang benar-benar tidak sama, kadang dapat melewati satu miliar tahun. Ini memperlihatkan kemampuan alam menahan pengawetan sedimen dari masa interferensi.

Ketidaksesuaian ini benar-benar menarik sebab bermakna ada waktu dulu yang hilang, serta siapa tahu mempunyai info mengenai evolusi Bumi serta bentuk kehidupannya. Tetapi kecuali mengajari apakah yang tidak kita kenali, sela ini bisa menolong periset belajar membaca riwayat planet.

"Pertanyaan besarnya ialah, seberapa jauh catatan batuan sedimen Bumi komplet versi sisi terpisah yang signifikan di hilangkan erosi," bunyi e-mail Rebecca Flowers, pakar geologi di University of Colorado Boulder. "Disamping itu, kita harus semakin pahami jalinan di antara proses permukaan (seperti erosi) serta proses Bumi dalam dengan perkembangan biologis, iklim serta lingkungan periode panjang."

Dipimpin Rebecca, riset yang diedarkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences mengutarakan wacana baru mengenai salah satunya ketimpangan waktu terpopuler di Bumi, Great Unconformity, yang nampak (atau tidak) pada bebatuan di penjuru dunia.

Saatnya hilang kurang lebih dari 550 juta satu masa sebelum timbulnya kehidupan kompleks hingga lebih satu miliar tahun kemarin saat mikroorganisme masih kuasai Bumi.

Beberapa periset awalannya berhipotesis ketidaksesuaian saatnya dikarenakan oleh babak "Bumi Bola Salju", saat permukaan Bumi diselimuti salju minimal dalam dua siklus di antara 715 sampai 640 juta tahun yang lalu.

Tetapi, riset team Rebecca menyarankan ketimpangan itu dibuat oleh "karakter tektonik regional bukan kejadian global sinkronis." Mereka ambil simpulan ini sesudah pelajari ketidaksesuaian dalam singkapan granit di Pikes Peak, Colorado. Tetapi, gunung itu bukan salah satu tempat yang mempunyai rahasia mengenai waktu dulu yang hilang.

"Kami memperhatikan di situs yang lain di Amerika Utara, termasuk juga Grand Canyon, yang Great Unconformity-nya kemungkinan terpopuler," tutur Rebecca. "Kami merencanakan pelajari beberapa situs di benua lain."

"Kami lakukan project penambahan ini untuk pastikan memang benar ada momen erosi besar dengan cara global yang tuturnya mengakibatkan satu ‘Great Unconformity' atau malah ada banyak ‘Great Unconformity' yang bertumbuh di saat serta tempat tidak sama, atau mempunyai pemicu lain," paparnya.

Untuk batasi permasalahan ini, team Rebecca pelajari contoh mineral serta kristal dari batuan, seperti iritit serta zirkon, yang bisa merekonstruksi riwayat termal susunan sedimen. Hasilnya memperlihatkan batuan "lantai dasar" yang semakin tua di Pikes Peak sudah terkikis sebelum babak pertama Bumi Bola Salju. Maka dari itu, menurut studi, batuannya "bukan dari hasil erosi glasial".

Riset ini menyangsikan tesis yang menjelaskan erosi berkaitan Great Unconformity mengakibatkan keanekaragaman resapi yang menyebabkan ledakan Kambrium, momen yang mengidentifikasi munculnya kehidupan kompleks dengan cepat seputar 541 juta tahun kemarin.

"Jika erosi besar berlangsung beberapa ratus juta tahun sebelum ledakan Kambrium, karena itu momen ini (ledakan Kambrium serta erosi Great Unconformity) tidak sama-sama terkait," kata Rebecca. "Hasil riset kami mengindikasi permukaan erosi Great Unconformity di Pikes Peak, Colorado, tercipta beberapa ratus juta tahun sebelum ledakan Kambrium berlangsung."

Team Rebecca menyampaikan proses tektonik yang berkaitan dengan pembangunan serta perpecahan Rodinia, superbenua yang berdiri seputar satu miliar tahun yang lalu sampai masa Bumi Bola Salju, mengakibatkan hilangnya waktu di Pikes Peak. Tetapi, diperlukan semakin banyak riset untuk menerangkan ketidaktetapan dari Great Unconformity ini.
UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com