Minggu, 12 April 2020

Teori Konspirasi Illuminati Terkenal Karena Majalah Playboy

ZONAKONSPIRASI- Beberapa orang terobsesi dengan teori konspirasi Illuminati. Ada keyakinan, ada barisan rahasia yang patuh dengan nilai jahat serta membuat kericuhan di seantero dunia. Teori konspirasi Illuminati ini terkenal karena konspirasi , yaitu konspirasi editor majalah pria dewasa: Playboy. 

Barisan rahasia Illuminati memang benar-benar ada di Era 18. Barisan ini dibangun profesor muda namanya Adam Weishaupt di Ingolstadt (saat ini Jerman). Awalannya, barisan yang dibangun Adam ialah barisan baca rahasia. Mengapa rahasia? Sebab pada jaman itu, rezim Jesuit Katholik mereka nilai sudah mengekang kebebasan cendekiawan, karena itu kesibukan golongan intelektual harus juga diadakan dengan cara sembunyi-sembunyi. 



Pada 1784, kesibukan barisan intelektual 'underground' ini terbongkar. Adam lari ke kota kecil di Thuringia. Illuminati waktu itu sudah menebar ke kawasan-kawasan berbahasa Jerman. Anggotanya ialah beberapa orang punya pengaruh, birokrat, serta akademisi. Demikian sejarawan Kampus Innsbruck, Reinhard Markner menerangkan, dikutip The Local, Kamis (13/6/2019). 

Illuminati ada waktu Masa Pencerahan (Aufklarung), waktu warga sedang gandrung dengan ilmu dan pengetahuan serta penalaran daripada agama. Mereka bergabung, berunding, menggerakkan anggotanya untuk isi tempat utama di warga, serta mengambil anggota. Semasing anggotanya punyai nama panggilan. Anggota makin bertambah banyak karena masuknya anggota Freemason namanya Adolph Freiherr Kneigge. Penyair kenamaan Johann Wolfgang von Goethe disebutkan adalah anggota Freemason masa itu. 

Pada perubahan setelah itu, Weishaupt serta Kneigge semakin condong memprioritaskan faktor ritual daripada kesibukan pencerahan intelektual-ilmiah. Kneigge yang disebut orang Freemason itu selanjutnya putuskan pergi dari Illuminati, banyak penganut Kneigge angkat kaki. Weishaupt memberikan dukungan aneksasi Austria atas Bavaria, serta barisan di Bavaria tahu itu. Pada akhirnya Weishaupt serta Illuminati dicari. Illuminati buyar jalan pada 1788. 

Itu ialah narasi masalah Illuminati classic. Lantas bagaimana barisan itu jadi omongan di era kekinian? 

Dikutip BBC Future dari tulisan 'Penemuan kebetulan teori konspirasi Illuminati', Illuminati yang disebut dalam teori konspirasi sekarang hampir tidak terkait dengan barisan Bavaria di atas. Teori konspirasi mengenai Illuminati baru ada pada masa 1960-an, di Amerika Serikat. Seperti diketahui, masa itu diwarnai dengan pola hidup antikemapanan, hippies, rock and roll, serta pemakaian LSD pada muda-mudi Negeri Paman Sam. 

Dalam situasi '60-an, ada buku Principia Discordia karya Greg Hill serta Kerry Wendell Thornley, mereka memakai nama pena yang imajinatif, yaitu Malaclypse The Younger serta Lord Omar Khayyam Ravenhurst. Buku itu jadi kitab suci agama parodi namanya Discordianisme, penyembah Eris Sang Dewi Kericuhan ('discord' dalam Bahasa Inggris bermakna 'perpecahan'). Pergerakan Discordia ingin membuat kericuhan, lelucon, serta hoaks. Walau ini semua ialah lucu-lucuan satir, tetapi ada pula yang begitu serius membacanya. 

Salah satunya pengarang Principia Discordia, yaitu Thornley, selanjutnya berkomplot dengan Robert Anton Wilson, pria yang kerja untuk associate editor di Majalah Playboy. Mereka berdua memiliki pendapat dunia saat ini begitu otoriter, terlalu ketat, serta benar-benar dikendalikan. Mereka ingin membuat kebebasan serta kericuhan di warga. Triknya dengan menebarkan disinformasi serta misinformasi lewat media arus penting serta budaya tandingan. 

Dimulailah konspirasi Thornley serta Wilson. Mereka kirim surat pembaca palsu sebatas untuk menimbulkan rumor ada Illuminati, organisasi elite rahasia. Agar isunya lebih ramai berguling, mereka pura-pura membuat surat kontra-Illuminati serta mengirimnya ke Playboy. Teori konspirasi Illuminati selanjutnya sukses menggelinding ke mana-mana. 
Mitos baru mengenai Illuminati makin santer menyebar. Wilson serta rekanan sekantornya di Playboy, namanya Robert Shea, selanjutnya membikin novel trilogi bertopik 'Illuminatus! '. Didalamnya ialah membahas desas-desus masa itu, termasuk juga pembunuhan Presiden John F Kennedy, serta mengkaitkannya dengan tingkah Illuminati. 

Mitos kekinian itu menebar melalui media-media konservatif masa '60-an, termasuk juga zine bikin. Tetapi di masa milenium, penebaran teori konspirasi itu makin santer melalui internet. BBC menyebutkan 4chan serta Reddit untuk contoh situs situs yang paling berjasa mempopulerkan teori konspirasi Illuminati. Bersamaan perkembangan kedewasaan warganet, internet dapat juga jadi alat rombak mitos kekinian Illuminati melalui penelusuran kebenaran serta bukti. 


UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI

Share:
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com