Sabtu, 05 September 2020

Mirakel Makam Belanda di Kompleks Makam Pujangga Ronggowarsito

ZONAKONSPIRASI- Mirakel Makam Belanda di Kompleks Makam Pujangga Ronggowarsito. Di makam pujangga Keraton Surakarta Hadiningrat R. Ng Ronggowarsito ada makam 2 orang Belanda. Satu mirakel makam yang seringkali jadi tanda pertanyaan.
Pada nisan itu tercatat nama untuk Carel Frederik Winter serta istrinya Jacoba Hendrika Logeman. Mereka mitra Ronggowarsito.

"Yang saya ketahui ia itu (CF Winter) ialah rekan serta jubir eyang Ronggowarsito. Itu riwayat yang saya ketahui," papar juru kunci makam Ronggowarsito, Dayat (66) pada detikcom, Jumat (4/9/2020) siang.

Dayat menjelaskan seingatnya kecuali Winter ada juga istrinya. Dipindah ke makam Ronggowarsito di Desa Palar, Kecamatan Trucuk tahun 1980an.

"Saya menangkan (ketahui proses) pindahannya tahun 1980 an. Dibawa kesini telah dalam bentuk tanah bukan mayat," Dayat memberikan tambahan.

Perpindahan kedua-duanya, tambah Dayat, menurut info sebab di tempat lama dipakai untuk swalayan atau toko. Walau orang asing tetapi terkadang ada peziarah tiba.

"Terkadang ada peziarah tetapi sedikit. Namanya saja dari Belanda jadi sedikit rekan atau keluarga," kata Dayat.

Kasi pemerintahan Desa Palar, Kecamatan Trucuk, Didit A Prihantoro, menjelaskan Winter ialah penerjemah bahasa yang dekat sama Ronggowarsito.

"Setahu saya itu hubungan dalam soal bahasa atau kamus Jawa serta Belanda. Dibawa kesini seputar tahun 1980 an," jelas Didit pada detikcom waktu dikontak hpnya.

Pamong Budaya Madya BPCB Jateng, Deny Wahju Hidajat, membetulkan pusara yang berada di makam Ronggowarsito ialah CF Winter. Tetapi cuma geser tanahnya saja.

"Ya jasad nya. Hanya telah jadi tanah," kata Deny waktu dilakukan konfirmasi detikcom lewat hpnya.

Pengamatan detikcom, makam Winter serta istrinya tidak berupa makam biasanya. Cuma berupa cungkup (rumah kecil) berlantai keramik dengan tugu di tengahnya serta ada disamping depan sisi timur makam penting Ronggowarsito memiliki jarak 3 mtr..

Tugu memiliki ukuran 40x 80 cm itu bergambar figur pria 1/2 tubuh. Di bawahnya tercatat kalimat berbahasa Jawa serta angka tahun.

Tulisan itu mengeluarkan bunyi seperti berikut:

"punika pasareanipun Carel Fredrik Winter Miyos Ing Ngayogyakarta Surya Kaping 5 Juli 1799, Seda Ing Surakarta Surya Kaping 14 Januari 1859, Nalika Sugengipun Ngasta Pedamelan Dados Transleteur/ juru basa wonten kantor karesidenan Surakarta Sekaligus Ingkang Garwa Jacoba Hendrika Logeman seda 1828, kapindah dening beberapa tresna masalahastraan Jawi karena sangat pasarean kerkop ing Jebres, Surakarta Dateng pasarean Palar, Surya kaping 30 Januari 1984."

Yang berarti, "ini makam Carel Frederik Winter lahir di Yogyakarta tanggal 5 Juli 1799, wafat di Surakarta tanggal 14 Januari 1859, waktu hidupnya untuk penerjemah di kantor karesidenan Surakarta bersama-sama istri Jacoba Hendrika Logeman wafat 1828, dipindahkan oleh penggemar sastra Jawa dari makam kerkop, Jebres, Surakarta ke makam Palar tanggal 30 Januari 1984".
UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com