Rabu, 23 September 2020

Menguak Misteri Kuyang, Hantu Asli Kalimantan yang Incar Ibu Hamil

Kisah Misteri Legenda Putri Duyung Di Seluruh Dunia

ZONAKONSPIRASI- Putri duyung (mermaid) merupakan makhluk mitologi terkenal di dunia. Putri duyung memiliki tubuh layaknya seorang perempuan dari pinggang hingga ke kepala. Sementara dari pinggang hingga kaki menyerupai ikan.

Dirangkum Solopos.com, Sabtu (29/10/2016), dari berbagai sumber, legenda putri duyung muncul dalam beberapa dongeng di dunia. Sejarah mencatat, awalnya legenda putri duyung berasal zaman Syiria Kuno sekitar tahun 1.000 SM. Dalam mitologi Syiria itu, putri duyung muncul karena ada seorang wanita bernama Atargatis menceburkan diri ke sungai suci, lantaran malu karena tanpa sengaja telah membunuh seorang penggembala yang merupakan kekasihnya.

Lantaran malu akan perbuatannya, Atargatis nekat menceburkan dirinya ke sungai dan berniat mengubahwujudnya menjadi ikan. Namun, karena parasnya yang sangat cantik, air sungai suci itu hanya mampu mengubah separuh tubuhnya menjadi ikan. Bagian kepala sampai pinggangnya tetap berwujud manusia, sedangkan pinggang sampai kakinya berubah menjadi ikan.

Di Babilonia, masyarakat menyembah putri duyung sebagai dewa laut, Oannes yang digambarkan sebagai duyung jantan. Dalam Mitologi Yunani, putri duyung dikisahkan sering menggoda para pelaut dengan nyanyiannya.

Nyanyian putri duyung dapat membuat orang terpikat karena memiliki kekuatan mistis. Lantaran terpikat dan ingin mencari sumber suara indah itu, banyak orang yang tewas tenggelam.

Di Eropa, legenda putri duyung dikenal melalui buku cerita dongeng karya Hans Christian Anderson berjudul The Little Mermaid yang diterbitkan tahun 1837. Buku ini menceritakan kisah duyung muda yang jatuh cinta pada seorang pangeran yang ia selamatkan di tengah badai.

Rusalka adalah cerita rakyat tentang putri duyung yang ada di Rusia Timur. Di sana, putri duyung dikisahkan sebagai hantu dari gadis-gadis belia yang mati lantaran dibunuh atau bunuh diri. Rusalka biasanya muncul dalam wujud perempuan berambut panjang berwarna hijau dengan warna kulit pucat. Rusalka biasanya datang pada tengah malam dan menari di bawah sinar rembulan sembari memanggil nama pria yang telah membunuhnya.

Sedangkan kisah putri duyung yang air matanya dapat berubah menjadi mutiara merupakan cerita rakyat dari Tiongkok.  Kisah ini pula yang banyak diadopsi menjadi alur cerita sinetron di Tanah Air.

Hingga saat ini, kebenaran legenda tentang putri duyung masih menjadi misteri. Kendati demikian, konon di kawasan Cornwall, Inggris, masyarakat meyakini ada sebuah batu di pinggir pantai yang pernah diduduki oleh putri duyung  yang menyebabkan tewasnya seorang nelayan lokal.

Di samping itu, kebenaran tentang keberadaan putri duyung juga pernah ditemukan dalam catatan perjalanan milik Christopher Colombus. Dalam catatan itu Colombus menulis, ia pernah melihat tiga putri duyung melintas di sekitar perairan Karibia. Menurut Colombus, wajah putri duyung itu tidak secantik lukisan yang ada selama ini.

UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com