Rabu, 01 Juli 2020

Unik Burung Wiwik, Burung Yang Bawa Sinyal Kematian

ZONAKONSPIRASI- Unik Burung Wiwik, Burung Yang Bawa Sinyal Kematian.

1 Burung Wiwik disebutkan plaintive cuckoo ialah spesies burung dari genus Cacomantis di keluarga Cuculidae yang salah satunya beranggotakan burung bubut, kangkok, tuwur, tokhtor.

2. Cuma dapat diketemukan di daerah Asia seperti India, Thailand, China, Indonesia.

3. Badannya memiliki ukuran relatif kecil. dengan panjang seputar 21-23.5 cm.

4. Pejantan dewasa berwarna coklat keabu-abuan sisi sayap serta oranye di badan sisi bawah dengan kepala, tenggorokan, serta payudara berwarna abu-abu.

5. Betina dewasa seperti dengan jantan tapi seringkali ada bentuk hati. Bentuk ini berwarna coklat kemerahan di atas dengan garis-garis gelap. Sisi bawah semakin pucat dengan pinggir yang semakin gelap.

6. Mempunyai kicauan mendayu seperti orang menangis, dari suara renda naik 3 suara makin tinggi serta dari suara tinggi makin rendah.

7. Menempati pinggir rimba, rimba terbuka, semak belukar, padang rumput, tempat pertanian, taman serta kebun.

8. Berbentuk soliter, pintar menyamar serta sering susah untuk disaksikan.

9. Pemakan hewan invertebrata, seperti cacing, ulat, serangga, serta buah-buahan.

10. Berbentuk wajahit, yakni meletakkan telurnya di sarang burung lain yang semakin kecil seperti burung perenjak, pentet, cinenen dan sebagainya. Waktu menetas bayi burung wiwik dengan cara tidak sadar akan dirawat oleh burung empunya sarang. Sering burung asli dari sarang itu mati karena terlur yang jatuh atau tertekan oleh bayi wajahit yang memiliki ukuran semakin besar.

11. Burung plaintive cuckoo sudah berperanan dalam budaya manusia semasa beberapa ribu tahun kemarin. Dalam mitologi Yunani dipandang seperti dewi Hera. Di India, burung ini dipercayai untuk Kamadeva, dewa kemauan serta kangen, sedang di Jepang, burung kedasih melambatgkan cinta tidak berbalas.

12. Di Indonesia burung ini dipandang tanda-tanda kematian. Jika burung ini berkicau di dekat rumah seorang, karena itu salah satunya yang tinggal di rumah itu akan wafat.

13. Menurut mitologi Jawa, burung Wiwik dipandang seperti burung yang kesasar yang menangis ingin diantarkan pulang ke tempat aslinya. Singkat kata burung itu sempat mengantarkan burung emprit yang ingin pulang ke Jawa sesudah ikuti pertandingan menantang burung Garuda. Setelah tiba di Jawa burung emprit rupanya tidak ingin mengantarkannya kembali pada aslinya. Itu yang konon mengakibatkan kicauannya seperti orang menangis sampai sekarang ini sebab menganggap dikelabui oleh burung emprit. Untuk bentuk balas sakit hati, burung wiwik barusan menjajah sarang burung-burung kecil di Jawa, dengan meletakkan telurnya dari sana serta biarkan burung pemilik sarang itu untuk memberikan umpan serta merawatnya.
UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com