Selasa, 09 Oktober 2018

Terkuap 4 Mistri Tsunami Palu Donggala, Yang Tewaskan Lebih 1.500 Jiwa



ZONAKONSPIRASI- Gempa bermagnitudo 7,4 serta landa tsunami yang menerjang Palu-Donggala, Sulawesi Tengah sudah satu pekan berlalu. Banyak misteri yang muncul dibalik gelombang 'maut' yang menewaskan beberapa ribu nyawa itu. Sesudah lebih dari satu pekan berlalu, satu per satu misteri tsunami Palu mulai terjawab. Di bawah ini empat misteri tsunami Palu yang pada akhirnya terkuak seperti dikutip Tribunstyle.com dari Kompas.com pada Sabtu (6/10/2018). 

1. Di Balik Peringatan Awal Tsunami Dicabut 'Terlalu Cepat' 


Beberapa orang mengkritik Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) berkaitan peringatan awal tsunami. Beberapa orang menanyakan mengapa BMKG mencabut peringatan awal 'terlalu cepat' pada Jumat (18/09/2018). Pasalnya sesudah itu tsunami menghajar Palu. BMKG menyampaikan jika gelombang hadir masih juga dalam periode peringatan awal. BMKG mengakui tsunami Palu lepas dari perhitungan. Hal tersebut karena tidak ada data yang dihandalkan dari Palu. 

2. Waktu Terjadinya Tsunami 


Sesudah peringatan awal, teka-teki sebagai misteri ialah kapan tsunami di Palu berlangsung.Teka-teki itu pada akhirnya tersingkap setelag BIG memperoleh data dari stasiun pasang surut di Pantoloan, Palu. Berdasar pada data itu didapati air surut optimal berlangsung pada Jumat (28/9/2018) jam 18.08 WIB. Sesaat pasang optimal berlangsung pada Jumat jam 18.10 WIB. Berarti, tsunami Palu berlangsung cuma berselang 8 menit sesudah gempa. 

3. Ketinggian Tsunami 


Dari sana data ketinggian tsunami ikut tersingkap.Awal mulanya alat berisi beberapa vs ketinggian gelombang. Sekarang beberapa ahli sudah memprediksi ketinggian tsunami yang menerjang kota Palu. Menurut pakar tsunami Tubuh Pengkajian serta Aplikasi Tehnologi (BPPT), Widjo Kongko, ketinggian keseluruhan tsunami di Palu ialah 3,6 mtr.. 

4. Skenario Tsunami 


Beberapa misteri mengenai tsunami Palu telah terjawab. Akan tetapi skenario terjadinya tsunami masih tetap jadi sinyal bertanya besar. Menurut Widjo, sampai sekarang ini belumlah dapat di konfirmasi dengan detil sumber tsunami Palu pada Jumat (28/9/2018). Apa anggapan longsor bawah tanah laut dalam tsunami benar berlangsung. 

"Sebab ini sebenarnya kan sumbernya sesar geser. Serta sesar geser umumnya tidak (memunculkan tsunami) sangat tinggi," kata Widjo lewat sambungan telephone, Jumat (05/10/2018). 

Share:
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com