Jumat, 18 Desember 2020

Jika Teori Konespirasi Ilmiah Itu Lucu, Bukan Berarti Lelucon

Jika Teori Konespirasi Ilmiah Itu Lucu, Bukan Berarti Lelucon

ZONAKONSPIRASI- Jika Teori Konespirasi Ilmiah Itu Lucu, Bukan Berarti Lelucon. Jika Anda merasa teori Bumi datar semakin populer akhir-akhir ini, Anda benar. Menurut Google Trends, minat penelusuran terhadap teori konspirasi Bumi datar telah mencapai beberapa puncak berbeda dalam setahun terakhir. (“Tahun terakhir” adalah 2017, bukan 1519, hanya untuk memperjelas.) Ini lucu, aneh, dan meskipun jelas bukan di bagian atas daftar masalah kami sebagai masyarakat, itu juga tidak sepenuhnya tidak bersalah.

Bunga melonjak di bulan Februari dan Maret, lalu di bulan Mei, lalu di bulan Agustus dan September. Lompatan ini sebagian besar terkait dengan beberapa ledakan aneh oleh selebriti, terutama rapper cheeseball favorit 2010 dan vokalis pendukung Gossip Girl BoB dan point guard Boston Celtics Kyrie Irving . Namun minat terhadap topik ini terus meningkat sejak akhir 2014, tak lama setelah faksi "Flat Earth Society" Daniel Shenton memisahkan diri untuk membuat situs web dan forumnya sendiri. Halaman FAQ untuk Flat Earth Society adalah hasil penelusuran Google ketiga untuk "Bumi datar", dan mendorong orang untuk sepenuhnya tidak mempercayai sains, karena cara terbaik untuk mengalami realitas adalah "dengan mengandalkan indra sendiri untuk memahami sifat sebenarnya dari dunia sekitar kita."

Outlet berita juga berkontribusi, karena penjelasan tentang konspirasi Bumi datar melakukan lalu lintas yang luar biasa. Mereka memanfaatkan minat dasar manusia pada misteri dan perilaku aneh orang lain, dan mereka juga masuk ke lingkungan online di mana tidak mungkin untuk membedakan lelucon dari kepercayaan yang dipegang teguh. Itu adalah resep untuk satu serangan viral, lalu yang lainnya. Ini merupakan tahun yang besar dan mendebarkan bagi para pengamat Bumi datar.

Situs Flat Earth Society - yang mengemukakan bahwa gagasan tentang Bumi yang bulat entah bagaimana terkait dengan pemalsuan pendaratan di Bulan - dirancang dengan sangat baik dan tampak profesional, menghilangkan beberapa ciri lama disinformasi di internet. Kemudahan membuat website sebersih ini merupakan masalah yang telah didokumentasikan dengan baik oleh para ilmuwan informasi . Lima tahun yang lalu, sekolah menengah telah mengajarkan bahwa Anda dapat mengidentifikasi sumber yang tidak tepercaya melalui situsnya yang terlihat murahan, desain yang buruk, dan URL yang berantakan. Itu tidak lagi berlaku.

Ruang redaksi digital menghasilkan liputan kebenaran Bumi datar menggunakan alat yang memudahkan untuk menemukan berita yang meluap dari kedalaman Reddit. Begini cara kerjanya: teori konspirasi membuat orang cukup bersemangat untuk berkomentar sembarangan, membawa mereka ke depan Reddit di mana jurnalis melihatnya, kata direktur editorial The Verge Helen Havlak. Ketika seorang reporter menulis penjelasan tentang teori konspirasi baru yang aneh, berbagi dan komentar kebencian yang mendorong teori tersebut ke puncak Reddit terulang kembali di Facebook. Dan, jika postingan berasal dari outlet yang secara umum memiliki reputasi baik atau melibatkan selebritas (mis., BoB atau Kyrie Irving) atau acara berita besar (mis., pemilihan presiden), itu juga dapat meningkatkan slot Berita Utama di Google Warta . “Ruang redaksi saling menonton cerita dengan kinerja tertinggi,” kata Havlak. Merupakan praktik umum untuk menggunakan alat yang memungkinkan redaksi membuat daftar pesaing mereka dan memantau popularitas posting mereka (pada layanan seperti CrowdTangle, misalnya) untuk melihat apa yang berhasil untuk outlet lain, dan apa yang mungkin menjadi taruhan lalu lintas yang pasti jika mereka dapat menemukan sudut pandang baru atau alasan untuk mempertimbangkan. "Orang-orang melihat semua lalu lintas yang bisa didapat, dan mencari hal berikutnya yang mengalir dari Reddit," katanya. “Siklus berulang.”

Kaum Bumi datar telah menerima liputan yang luas dari platform yang beragam dan bergengsi seperti Vice , The Atlantic , Sports Illustrated , The Guardian , dan Mic . Jelas tidak ada dari outlet ini yang menuruti teori Bumi datar sebagai hal yang masuk akal, atau bahkan rasional - tetapi mereka berkontribusi pada popularitas berkelanjutan dengan memberi makan selera untuk cerita-cerita ini.

Dengan menggunakan CrowdTangle, kita dapat menyisir posting berbulan-bulan di halaman Facebook untuk outlet sains dan berita utama. Antarmukanya sederhana, dan menunjukkan berapa banyak suka, komentar, dan berbagi yang didapat setiap posting di atas atau di bawah angka biasa halaman itu. Tidak mengherankan, datar Earth artikel konspirasi jauh mengungguli rata-rata untuk halaman ini: LiveScience ‘s “Apakah bumi datar? A Guide to the Ultimate Conspiracy Theory ” menerima sekitar 11 kali keterlibatan Facebook (suka, komentar, dan berbagi) sebagai rata-rata posting LiveScience . CNET ‘s ‘Ini adalah apa yang datar earthers di media sosial benar-benar percaya’ adalah sekitar 16 kali lebih populer sebagai rata-rata posting pada halaman tersebut. Tahun lalu, MicTeknologi dan sains vertikal yang masih muda The Future is Now memposting penjelasan Bumi datar yang sama, berjudul "Ada Konspirasi Besar-besaran untuk Menyembunyikan Fakta Bahwa Bumi Itu Datar," dua kali di bulan yang sama , dengan total lebih dari 1.000 saham, pada saat halaman itu rata-rata hampir dibagikan 30 per posting. Meskipun saya menggunakan statistik Facebook ini sebagai perkiraan seberapa baik postingan Bumi datar dibandingkan dengan postingan lain di berbagai situs berita, Havlak mengatakan sebagian besar lalu lintas postingan The Verge telah menerbitkan tentang teori konspirasi lainnya - termasuk dua postingan yang saya tulis, tentang teori One Direction Babygate dan “ Ted Cruz adalah Pembunuh Zodiak"Teori - berasal dari Google. Kotak Top Stories sangat penting, dan Google masih menjadi tujuan pertama kebanyakan orang ketika rasa ingin tahu mereka terusik.

Admin dari situs Flat Earth Society juga menulis ucapan terima pribadi Anda perhatikan untuk Yahoo! Berita di bulan Januari, menulis, "Setiap artikel seperti ini menyebarkan pesan kami ke lebih banyak pikiran yang tidak sadar."

Tidak semua orang yang membaca atau berbagi postingan ini mungkin percaya pada Bumi datar. Saya bertanya kepada Joseph Uscinski , seorang profesor ilmu politik di University of Miami yang baru-baru ini ikut menulis sejarah teori konspirasi Amerika, mengapa orang yang tidak percaya pada teori Bumi datar akan membuang-buang waktu mereka untuk membaca tentang teori itu. Membaca tentang teori konspirasi "tidak berbeda dengan [menonton] film M. Night Shyamalan di teater," katanya. Teori-teori ini “realitas alternatif positif yang penuh dengan skema dan penipuan… Apakah agen rahasia menanam bahan peledak di Menara Kembar untuk memalsukan serangan teror? Apakah Mafia melakukan serangan terhadap Presiden Kennedy? Apakah kadal interdimensi diam-diam kawin dengan manusia saat menjalankan planet? Bahkan jika seseorang tidak yakin, ada banyak hiburan di sana. "

Selain itu, perasaan membaca tentang teori konspirasi adalah seperti sensasi menonton Mr. Robot, kata Mark Fenster , pakar transparansi pemerintah di sekolah hukum Universitas Florida dan penulis Teori Konspirasi: Rahasia dan Kekuatan dalam Budaya Amerika . Pertunjukan itu, dan novel thriller dan misteri yang mendahuluinya, bermain dengan gagasan bahwa "Anda memiliki seperangkat pemahaman dan keyakinan tertentu yang diajarkan kepada Anda dan yang Anda yakini benar, tetapi pada kenyataannya, jika Anda benar-benar melihatnya secara dekat. dan memahami kebenaran masalah tersebut, keyakinan tersebut terbukti salah. Itu - di alam semesta fiksi - sangat memikat dan sangat mengasyikkan. Ini bisa menjadi sumber kesenangan. ”

Adapun orang yang benar-benar percaya pada teori Bumi datar, kata Fenster, Anda tidak dapat benar-benar mengubah pikiran mereka dengan bukti fotografi atau bukti matematis dari Bumi yang bulat. Untuk mempercayai teori seperti ini, Anda harus melewati ambang batas normal untuk mempertanyakan keahlian dan "hierarki pengetahuan intelektual". Menyenangkan bagi kami jika persepsi kami dipisahkan dalam thriller fiksi dan misteri, tetapi kami menganggap narasi hanya memuaskan jika ia juga menawarkan cara untuk menyatukan kembali. Orang-orang yang percaya pada Bumi datar telah memutuskan bahwa dunia di sekitar mereka tidak mungkin seperti yang terlihat, dan teori konspirasi menjadi "cara yang bagus untuk menjelaskan secara efisien apa yang seharusnya menjadi dunia yang membingungkan," kata Fenster.

Teori Bumi datar menyebar secara online, dan sulit untuk mengatakan di mana lelucon itu dimulai atau diakhiri. Kami dapat membuktikan bahwa ratusan ribu orang menyadari keyakinan yang tidak jelas bahwa mereka tidak pernah ada sebelumnya, tetapi kami tidak dapat membuktikan apakah hal ini benar-benar telah mengubah banyak dari mereka menjadi penyebabnya. Amerika Serikat telah "tergila-gila dengan teori konspirasi" sejak sebelum Perang Revolusi, kata Fenster; persentase orang Amerika yang percaya pada beberapa konspirasi atau lainnya seputar pembunuhan JFK telah berkisar antara 60 dan 80 persen selama 50 tahun terakhir. Tapi, "ada kesenangan dan permainan dengan teori konspirasi," katanya. “Kami tidak terlalumempercayai mereka, tetapi kami tahu banyak tentang mereka, tetapi mungkin kami sedikit mempercayai mereka, tetapi kami sebenarnya hanya bercanda dan bermain. Orang-orang melakukan hal itu di Reddit. Anda dapat melakukan kesenangan dan permainan ini dan tidak pernah benar-benar dipanggil. ”

Benar bahwa teori ini sangat tidak masuk akal sehingga menjadi agak lucu, dan adil untuk mengatakan bahwa orang yang mempercayainya tidak secara langsung membahayakan nyawa siapa pun. Itulah salah satu penjelasan mengapa orang mungkin mengklik utas Bumi datar meskipun mereka tidak akan pernah membagikan meme anti-vaksin atau lelucon tentang AIDS sebagai tipuan. Namun, ada sesuatu yang menakutkan tentang menumbuhkan lingkungan online di mana tidak ada tindakan kami yang tulus: klik adalah klik yang ironis; bagian adalah bagian kebencian; sebuah komentar bercanda, bermain-main, atau hanya "lol".

Ada ratusan meme yang mengolok-olok Bumi datar dengan berpura-pura sangat percaya padanya, dan banyak di antaranya cukup menghibur. Know Your Meme bahkan menganggap "Flat Earth" sebagai genre meme, dan menyediakan garis waktu yang membantu penyebarannya, terutama di seluruh Reddit. Ketahui Mim AndaEditor Matt Schimkowitz memberi tahu saya bahwa ada ritme dalam pertumbuhan teori seperti Bumi datar. Mereka akan muncul di 4chan dan Reddit dan orang percaya akan mulai menjadi bahan ejekan. Keyakinan mereka akan menjadi lelucon yang diulangi dengan tulus dan semakin tegas oleh orang-orang yang menganggap semua yang mereka katakan "ironis". Di situlah meme masuk, dan dalam hal ini meme mewakili gaya ejekan yang terlihat sangat mirip kesepakatan. “Dari sana bisa berbentuk spiral,” katanya. “Ini dapat menarik orang-orang yang ingin percaya pada hal-hal semacam ini, mencari hal-hal untuk mengkonfirmasi apa yang mereka yakini - seperti pemerintah mengeluarkan mereka, ilmuwan berbohong kepada kita, kesepakatan semacam itu. Apa yang awalnya merupakan hal yang ironis akhirnya sampai pada orang-orang yang mau melakukannya. Dari sana Anda memiliki semacam teori konspirasi besar-besaran. Ini mencapai level baru. "

“Anda bisa mengubah orang menjadi sesuatu yang berbeda hanya melalui ironi,” katanya. Dia memperhatikan tren ini setelah pemilu 2016 dan penggalian yang tak terhitung jumlahnya di sarang online alt-right, di mana orang-orang akan mulai mengatakan bahwa mereka hanya bercanda tentang rasisme atau anti-Semitisme. Tapi terlibat dengan jenis humor itu cukup lama pada akhirnya bisa meradikalisasi mereka. Dia mengatakan dia melihat proses yang sama terjadi dengan teori konspirasi. Ironisnya, jika Anda bisa membuat orang mempertanyakan sistem seperti NASA dan pemerintah federal dan proses ilmiah secara umum, terkadang Anda bisa membuat mereka mempertanyakan hal-hal itu secara nyata.

Schimkowitz memahami bahwa trutherisme Bumi datar tidak langsung berbahaya seperti penolakan perubahan iklim atau reaksi anti-vaksin, tetapi itu tidak berarti itu sama sekali tidak berbahaya. "Saya pikir penting untuk menjaga tingkat perhatian tentang [ahli teori konspirasi]," katanya. “Mereka melakukan hal-hal yang merugikan masyarakat secara keseluruhan, seperti meniadakan atau melemahkan nalar ilmiah. Itu adalah sesuatu yang berdampak besar pada semua orang. Melihat penolakan perubahan iklim, yang datang dari sekedar meragukan ide keahlian secara keseluruhan. Ahli teori konspirasi menyerang keahlian. "

Meskipun Schimkowitz hanya berbicara tentang pengalamannya dengan teori konspirasi di 4chan dan Reddit, sosiolog Ted Goertzel, yang berspesialisasi dalam meneliti teori konspirasi ilmiah di Rutgers, memberi tahu saya hal yang hampir sama persis. Tujuan dasar seorang ahli teori konspirasi, katanya, biasanya tidak untuk membuktikan bahwa satu teori tertentu benar atau salah, tetapi "untuk membuktikan bahwa tidak ada yang dapat dibuktikan, bahwa semua pernyataan bersifat arbitrer". Dia, juga, melihat studi kasus yang jelas dalam siklus pemilu baru-baru ini, dengan alasan bahwa ini adalah jenis pemikiran yang membuat orang percaya bahwa semuanya benar-benar "sewenang-wenang dan manipulatif," dan bahwa apa pun yang tidak mereka setujui adalah "palsu berita."

Baik Goertzel dan Schimkowitz mengemukakan kontroversi Pizzagate tahun lalu, di mana teori konspirasi Reddit yang dimulai sebagai lelucon mengakibatkan seorang pria muncul di toko pizza di Washington, DC dengan membawa pistol, berniat untuk membebaskan tahanan yang ditahan di sana oleh Hillary Clinton. Kehidupan manusia nyata berada dalam bahaya oleh sebuah ide yang disampaikan dalam konteks yang memperlakukan argumen dan lelucon yang tulus dengan persis sama - seperti rangkaian kata-kata tanpa wajah, netral secara moral, hampir acak yang tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh siapa pun. “Itulah salah satu masalah besar internet saat ini,” kata Schimkowitz. “Sulit untuk membedakan antara lelucon dan ketulusan. Dalam hal menilai di mana lelucon dimulai dan berakhir, hampir tidak mungkin untuk mengatakannya pada saat ini. "

Pada bulan September, Kyrie Irving memberi tahu pembawa acara radio Boston Rich Shertenlieb bahwa dia hanya bercanda tentang Bumi datar. Dia hanya ingin melakukan "percakapan terbuka" dan membuktikan suatu hal: "[Jika] saya percaya bahwa dunia ini datar, dan Anda percaya bahwa dunia itu bulat, apakah itu mengetuk kapasitas intelektual saya, atau fakta bahwa saya dapat berpikir hal yang berbeda dari yang Anda bisa? "

Sulit untuk memanggilnya. Dia hanya bercanda.

DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com