Kamis, 17 Desember 2020

Pandangan orang Amerika yang percaya ada beberapa kebenaran pada teori konspirasi bahwa COVID-19 direncanakan

Pandangan orang Amerika yang percaya ada beberapa kebenaran pada teori konspirasi bahwa COVID-19 direncanakan

ZONAKONSPIRASI- Pandangan orang Amerika yang percaya ada beberapa kebenaran pada teori konspirasi bahwa COVID-19 direncanakan. Sebagian besar orang Amerika (71%) pernah mendengar tentang teori konspirasi yang beredar luas secara online yang menuduh bahwa orang-orang berpengaruh dengan sengaja merencanakan wabah virus corona . Dan seperempat orang dewasa AS melihat setidaknya beberapa kebenaran di dalamnya - termasuk 5% yang mengatakan itu pasti benar dan 20% yang mengatakan itu mungkin benar, menurut survei Pusat Penelitian June Pew . Bagian orang Amerika yang melihat setidaknya beberapa kebenaran teori berbeda menurut demografi dan keberpihakan.

Pencapaian pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam hal persepsi teori konspirasi. Sekitar setengah dari orang Amerika dengan ijazah sekolah menengah atau pendidikan kurang (48%) mengatakan teori itu mungkin atau pasti benar, menurut survei, yang dilakukan sebagai bagian dari proyek Jalur Berita Amerika Center . Bandingkan dengan 38% dari mereka yang telah menyelesaikan beberapa perguruan tinggi tetapi tidak memiliki gelar, 24% dari mereka yang memiliki gelar sarjana dan 15% dari mereka yang memiliki gelar pascasarjana.

Afiliasi partisan juga berperan dalam persepsi teori. Sekitar sepertiga (34%) dari Partai Republik dan independen yang condong ke GOP mengatakan teori bahwa orang-orang kuat dengan sengaja merencanakan wabah COVID-19 mungkin atau pasti benar, dibandingkan dengan 18% dari Demokrat dan Demokrat. Perlu dicatat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan tentang seberapa besar kemungkinan partisan telah mendengar setidaknya sedikit tentang teori tersebut: 72% dari Partai Republik telah mendengar klaim tersebut, dibandingkan dengan 70% dari Demokrat.

Republikan konservatif kemungkinan besar akan melihat setidaknya beberapa kebenaran dalam teori tersebut: Secara kasar empat dari sepuluh (37%) mengatakan itu mungkin atau pasti benar. Ini kontras dengan 29% dari Partai Republik moderat dan liberal, 24% dari Demokrat moderat dan konservatif, dan 10% dari Demokrat liberal.

Sekitar sepertiga orang dewasa kulit hitam (33%) dan Hispanik (34%) mengatakan teori itu mungkin atau pasti benar, dibandingkan dengan sekitar dua dari sepuluh orang dewasa kulit putih (22%) dan Asia Amerika (19%). Dan wanita sedikit lebih mungkin dibandingkan pria (29% vs. 21%) untuk melihat setidaknya beberapa kebenaran dalam teori konspirasi bahwa orang-orang yang berkuasa merencanakan wabah.

Ada juga beberapa perbedaan kecil berdasarkan usia. Sekitar seperempat orang dewasa di bawah usia 65 tahun mengatakan bahwa teori tersebut mungkin atau pasti benar, dibandingkan dengan dua dari sepuluh orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.

Catatan: Kunjungi alat data interaktif kami untuk mengakses pertanyaan yang termasuk dalam posting ini, serta data survei tentang wabah virus corona dan pemilihan presiden 2020.

DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com