Sabtu, 18 Juli 2020

Asal Saran Kembar Siam cerita Chang Serta Eng Bunker

ZONAKONSPIRASI- Asal Saran Kembar Siam cerita Chang Serta Eng Bunker. Tahukah kalian darimanakah asal panggilan "Kembar Siam" sebetulnya berasal? Panggilan ini rupanya berawal dari figur Chang serta Eng Bunker, kembar dempet dari Thailand. Cerita mereka mengagetkan dunia serta sudah terdokumentasikan dengan benar-benar detil dalam banyak catatan klinis di penjuru dunia serta berikut ceritanya...

Kehidupan Awal Chang serta Eng Bunker

Chang serta Eng Bunker lahir pada 11 Mei 1811 di Thailand. Thailand waktu itu diketahui dengan nama Siam hingga kemudian skema kerajaan usai serta terciptalah negara yang sekarang ini kita mengenal untuk Thailand.

Chang serta Eng Bunker lahir dari turunan Cina, Thailand, serta Melayu. Ayah mereka yang namanya Ti-eye ialah seorang nelayan di desa Mekong, sesaat ibu mereka yang namanya Nook ialah ibu rumah-tangga biasa. Ke-2 pasangan ini punyai tujuh anak normal, tetapi cuma Chang serta Eng yang lahir dengan situasi dempet. Badan sisi dada mereka bersatu.

Mereka ialah kembar xiphopagus. Dimana kedua-duanya tersambung di sternum oleh pita daging dan tulang riskan yang fleksibel, panjangnya seputar 5 inci dengan lingkar maximum 9 inci. Hati mereka tersambung lewat pita.

Situasi demikian selanjutnya membuat kedua-duanya tetap sama-sama bertemu, baik waktu duduk, berdiri, dan berbaring. Untunglah si ibu tidak memperlakukan kedua-duanya dengan cara tidak sama. Dia mengasuh Chang serta Eng sama dengan saudara-saudara mereka lainnya. Ini membuat Chang serta Eng telah mandiri semenjak kecil serta jalani hidup seperti orang normal biasanya.

Ibu Chang serta Eng benar-benar berperanan dalam membuat kedua-duanya mandiri serta punyai rasa yakin diri di lingkungan sosial. Mereka sejak dari kecil biasa berkawan sama orang seputar. Pekerjaan fisik seperti lari sampai berenang pada akhirnya menolong tulang riskan mereka memanjang yang sangat mungkin kedua-duanya bergerak serta berjalan lebih bebas, meskipun kedua-duanya sisi dada kedua-duanya masih masuk.

Walau Chang serta Eng sama-sama melekat di tulang dada oleh jaringan lunak, tapi badan kedua-duanya tidak sama. Tiap organ kedua-duanya terpisah serta semasing berperan dengan cara normal. Cuma organ hati kedua-duanya saja yang bersatu.

Bila disaksikan dari pemikiran mereka, karena itu Chang ada di samping kiri serta Eng yang berada di samping kanan. Chang semakin pendek satu inci dari Eng serta dia memakai alas kaki bertumit supaya tinggi mereka sama dengan.

Sebetulnya terdapat beberapa masalah kembar dempet yang berlangsung di dunia sebelum lahirnya Chang serta Eng Bunker. Masalah kelahiran bayi kembar siam sendiri bukan hal yang baru. Tetapi sayangnya, beberapa kasus kembar dempet itu tidak sempat terpublikasikan secara baik. Jadi demikian cerita Chang serta Eng Bunker diterbitkan dengan cara luas, banyak yang selanjutnya mulai ingin tahu serta cari tahu mengenai abnormalitas kelahiran ini.

Pada awalnya kelahiran bayi kembar dempet ini dipercayai untuk tanda-tanda jelek atau sumpah yang bisa bawa musibah buat keluarga. Begitupun dengan Chang serta Eng ini. Pada awal kelahiran mereka, banyak masyarakat desa yang merekomendasikan supaya kedua-duanya mati. Serta Raja Rama II dari Siam merekomendasikan hal sama. Beberapa lagi merekomendasikan inspirasi untuk lakukan pembelahan. Tapi orangtua Chang serta Eng masih pada pendirian mereka, untuk menjaga Chang serta Eng.

Di tahun 1819 epidemi cacar yang benar-benar kronis menimpa Thailand. Epidemi ini mengambil nyawa ayah mereka dan lima saudara yang lain.. Tapi Chang serta Eng selamat bersama-sama ibu mereka. Ke-2 kembar ini selanjutnya cari nafkah untuk menolong ibu mereka yang waktu tersebut jadi tulang punggung keluarga. Bersama-sama ibu mereka, Chang serta Eng pelihara bebek serta jual telur-telur ke pasar. Kedua-duanya kerja di pabrik biji cokelat.

Chang serta Eng Bunker Mulai Diketahui

Sesudah mangkatnya Raja Rama II dari Siam, karena itu naiklah substitusinya yakni Raja Rama III. Tidak seperti perintisnya, Raja Rama III belum pernah memandang kelahiran bayi kembar dempet untuk sumpah. Dia serta memakai Chang serta Eng Bunker untuk utusan pribadinya. Kemudian, kedua-duanya jadi populer. Kepopuleran mereka menebar sampai keluar desa.

Dalam satu hari pada tahun 1824, seorang pedagang Inggris namanya Robert Hunter berjumpa dengan Chang serta Eng. Waktu itu dia sedang ada dalam suatu kapal nelayan di Sungai Menam serta ke-2 saudara kembar itu tengah berenang. Hunter awalannya menduga mereka untuk "hewan aneh".

Tapi sesudah berjumpa dengan kedua-duanya, Hunter selanjutnya lihat ada kesempatan usaha untuk bawa mereka ke Barat. Dia selanjutnya menjelaskan tujuannya pada Raja Thailand. Hunter punya niat untuk bawa Chang serta Eng ke luar negeri. Berulang-kali dia minta supaya bisa bawa kedua-duanya, tapi permohonannya baru disepakati sesudah 5 tahun setelah itu.

Robert Hunter serta seorang kapten kapal laut Amerika, Abel Coffin selanjutnya pergi membawa juga Chang serta Eng ke Amerika Serikat di tahun 1829. Satu kontrak yang diberi tanda tangan oleh Hunter serta Coffin memutuskan tour semasa 5 tahun buat Chang serta Eng. Dalam perjalanannya ada isu yang menjelaskan jika ibu mereka jual mereka. Tetapi isu ini tidak betul serta pernah membuat Chang serta Eng jengkel.

Chang serta Eng berumur 17 tahun saat mereka pertama-tama menginjakkan kaki di Amerika. Pada 16 Agustus 1929 saat datang di Boston. Chang serta Eng ada dalam satu atraksi. Di saat itu beberapa orang yang tercipta dengan penyimpangan serta cacat lahir umumnya akan didiamkan mati atau pilihan yang lain ialah turut dalam road show yang mendatangkan beberapa orang aneh untuk memperoleh uang penambahan.

Sesudah tinggalkan Amerika Serikat, Chang serta Eng berkeliling-keliling ke beberapa kota besar di Inggris dan Irlandia. Mereka selanjutnya balik lagi ke New York pada Maret 1831. Di saat itu kedua-duanya telah mendapatkan kekuatan membaca, menulis, dan bicara dalam bahasa Inggris.

Setiap saat Chang serta Eng Bunker naik ke atas panggung, mereka memperoleh sambutan semarak. Mereka bukan hanya memperoleh uang, dan juga rasa hormat dari beberapa pemirsa. Ke mana juga mereka pergi, atraksi mereka tetap ramai didatangi. Mereka selanjutnya diketahui untuk "Siamese Twins" atau "Sang Kembar dari Siam (Thailand)". Setelah itu arti "kembar siam" jadi terkenal untuk menyebutkan orang yang tercipta dengan kembar berdempetan.

Media massa menjelaskan jika ke-2 kembar siam itu sukses mendapatkan untung besar. Mereka berkeliling-keliling dari satu kota ke kota lain dengan beberapa pemirsa umumnya ialah beberapa orang dari kelas atas. Seringkali mereka bermalam di hotel eksklusif dalam tiap tour.

Walau di tahun 1831 kedua-duanya diperkirakan akan kembali pada Thailand sesudah tour pameran mereka semasa 3 tahun selesai, tapi kedua-duanya selanjutnya menggagalkan gagasan itu. Bukannya kembali pada Thailand, kedua-duanya putuskan untuk tinggal di Amerika, dimana mereka selanjutnya memperoleh uang yang lebih dari pada cukup.

Poster atraksi Chang serta Eng Bunker

Manager pertama mereka, James W. Hale mengenalkan mereka untuk "Siamese Men". Ticket masuk atraksi mereka yang kelas biasa dibanderol seharga 25 sen atau sama dengan $6.

Kedua-duanya selanjutnya diketahui kerja pada Hunter and Chest sebelum pada akhirnya berlabuh di PT Barnum pada Oktober 1860. Disanalah mereka selanjutnya mulai memperlihatkan talenta untuk lakukan beberapa tindakan serta trick yang menghibur pemirsa.Mereka lakukan akrobat sampai sulap tangan dengan gesit. Chang serta Eng berkeliling-keliling dunia, dari Asia, Amerika, sampai Eropa. Dimana tiap pertujukan mereka akan disesaki oleh pemirsa. Sesudah tinggal di Amerika serta jadi masyarakat negara disana, mereka selanjutnya memperoleh nama keluarga "Bunker".

Sesudah tidak lakukan atraksi di bawah naungan PT Barnum, mereka berdua meneruskan karier dengan lakukan atraksi solo pada umur awal 20an. Mereka lakukan beberapa pertunjukan meloncat, jungkir balik yang menurut orang umum tidak bisa dilaksanakan oleh orang yang mempunyai abnormalitas fisik seperti mereka.

Walau telah populer serta punyai uang yang banyak, tetapi Chang serta Eng menampik untuk dipisah. Walau sebenarnya beberapa pakar klinis sudah merekomendasikan ini. Sesudah putuskan tidak lagi lakukan atraksi, kedua-duanya selanjutnya diketahui jalani kehidupan yang tenang di kota Wilkesboro di North Carolina.

Kehidupan Pernikahan

Dengan uang tabungan yang mereka punya, Chang serta Eng Bunker beli budak dan 200 acre tanah yang dipakai untuk pertanian. Kedua-duanya selanjutnya mendapatkan pendamping hidup semasing.

Chang jatuh hati pada orang wanita namanya Adelaide, anak wanita dari pemilik tanah namanya David Yates. Disamping itu, Eng belum mempunyai tambatan hati. Saat datang waktunya Chang ingin menikah dengan Adelaide, Eng tidak punyai pilihan. Dia pada akhirnya sepakat untuk menikah dengan saudara wanita Adelaide yang namanya Sarah.

Chang serta Eng Bunker bersama-sama istri serta dua anak mereka

Sebetulnya sebelumnya pernikahan ini tidak disepakati keluarga Yates. Faktanya bukan lantaran Chang serta Eng ialah kembar siam yang punyai fisik sama-sama berdempetan. Tapi sebab mereka ialah orang Asia. Pernikahan yang berlangsung di antara Chang serta Eng Bunker dengan Adelaide serta Sarah selanjutnya jadi salah satunya pernikahan antar ras pertama yang berlangsung disana. Sesudah pernikahan, ke-2 pasangan ini selanjutnya tinggal di Mount Airy di North Carolina.

Disamping itu, seorang misionaris Kristen sempat mengontak ibu Chang serta Eng di tahun 1845, empat tahun sebelum dia wafat. Sesudah tidak lagi lihat ke-2 putra kembarnya itu semasa 15 tahun lamanya, dia yakin jika mereka telah mati. Tapi ibunya dikasih tahu jika ke-2 putranya masih hidup serta telah menikah.

Tidak gampang buat Chang serta Eng untuk jalani kehidupan normal layaknya seperti lelaki yang sudah menikah. Kehidupan rumah tangga ke-2 pasangan ini sering jadi sorotan beberapa tetangga. Mereka mulai mengejek kehidupan sex ke-2 pasangan ini serta mendakwa mereka lakukan inses.

Tempat tinggal Bunker

Tidak tahan dengan adanya ini semua, ke-2 pasangan ini selanjutnya geser serta bangun rumah di dekat rumah pertama mereka. Disana mereka mempunyai rutinitas yang unik, dimana mereka akan tinggal semasa 3 hari di dalam rumah Chang serta 3 hari selanjutnya di dalam rumah Eng.

Chang serta Adelaide selanjutnya mempunyai 10 orang anak, sesaat Eng serta Sarah punyai 11 orang anak. Antara beberapa anak mereka benar-benar tidak ada yang kembar, tetapi dua anak mederita bisu serta tuli serta dua anak yang lain wafat sebelum usia mereka capai tiga tahun.

Chang serta Eng Bunker bersama-sama istri serta beberapa anak mereka

Sesudah uang yang mereka punya makin tipis, Chang serta Eng selanjutnya putuskan untuk balik lagi ke usaha atraksi. Kesempatan ini kedua-duanya akan dibantu oleh anak mereka. Tapi sayang, ketertarikan pemirsa tidak lagi sama dengan saat awal mereka dahulu meniti karier di usaha atraksi. Beberapa serta menampik untuk yakin jika kedua-duanya dapat punyai anak.

Di saat Perang Saudara usai di tahun 1865, keuangan Chang serta Eng terpukul. Budak-budak mereka dibebaskan. Ini selanjutnya membuat mereka putuskan untuk kembali lagi membuat tour.

Simak juga: Riwayat Perang Saudara/Civil War di Amerika (1861-1865)

Usaha atraksi yang sepi serta kehidupan ekonomi yang tidak lebih baik selanjutnya bawa Chang mulai ketagihan minum. Hingga kemudian di tahun 1870, dia menanggung derita stroke. Penyakit itu membuat badan samping kanannya lumpuh. Bagian badan itu adalah tempat Eng menempel. Eng selanjutnya menjaga Chang, tetapi sayangnya kesehatannya tidak sempat sembuh seperti yang lalu.

Chang serta Eng Bunker Wafat Dunia

Pada awal tahun 1870an itu, ekonomi mereka makin tersuruk. Pekerjaan terus menyusut serta tour stop. Di tahun 1874, Chang diserang bronkitis kronis serta menyalahkan sakit di dadanya. Situasi pria ini makin lebih buruk dari waktu ke waktu sampai pada akhirnya dia wafat dalam tidurnya pada 17 Januari 1874.

Saat Eng terjaga dari tidurnya, dia kaget merasakan saudara kembarnya itu telah tidak lagi bernyawa. Dokter selanjutnya dipanggil untuk memisahkan kedua-duanya. Tapi usaha itu telat. Waktu dokter tiba 3 jam selanjutnya, Eng telah mengejar saudara kembarnya.

Chang serta Eng Bunker tidak dipisahkan sampai akhir hayat

Mayat Chang serta Eng selanjutnya dibawa ke Philadelphia untuk diotopsi. Istri Chang serta Eng meluluskan untuk dilaksanakan otopsi terinci pada jasad kedua-duanya. Sesudah dicheck, tersingkap jika Chang wafat sebab ada gumpalan darah di rongga otaknya sebab penyakit stroke yang dialaminya. Sesaat Eng wafat sebab kehabisan darah saat skema peredaran darahnya memompa pita penghubung ke badan Chang yang telah mati.

Mereka wafat dalam umur 62 tahun. Umur kedua-duanya termasuk panjang serta termasuk juga dalam kembar siam dengan umur paling panjang selama riwayat sampai tahun 2012.

Chang serta Eng Bunker disemayamkan di penyemayaman umum di Gereja Baptis White Plains di Surrey County. Sebelum disemayamkan, dokter ambil photo jaringan penghubung dan sewa pematung John Casani untuk membikinkan gips plester Chang serta Eng.
UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com