Selasa, 05 Mei 2020

Misteri Adam Wheisaupht, Pendiri Illuminati yang Dipandang Berada di Balik Konspirasi Dunia

ZONAKONSPIRASI- Misteri Adam Wheisaupht, Pendiri Illuminati yang Dipandang Berada di Balik Konspirasi Dunia. Dunia sudah lama memandang jika organisasi misterius seperti Illuminati untuk ‘dalang' dari bermacam teori konspirasi yang berlangsung di dunia. Kehadiran barisan tersebut tidak terlepas dari seorang pemikir kelahiran 1748 di Ingolstadt, Bavaria (Jerman kekinian sekarang) yang namanya Adam Weishaupt. 

Dikutip dari National Geographic, pria yang disebut keturunan dari Yahudi ini adalah figur pintar sebagai profesor hukum alam serta kanonik di Kampus Ingolstadt selesai mengakhiri studinya. Lalu, seperti apa cerita Wheisaupht sampai dianya selanjutnya membangun illuminati? 

Figur pintar yang resah dengan pemikirannya masalah ‘kebebasan berpikir 

Adam Weishaupt sebenarnya adalah seorang keturunan Yahudi yang memeluk agam Kristen. Di umur mudanya, pria yatim itu diasuh sang paman yang selanjutnya disekolahkan ke instansi pendidikan Yesuit sampai lulus. Serta, Weishaupt pernah mengajar di Kampus Ingolstadt serta jadi profesor hukum alam serta kanonik. Semenjak kecil, dia sudah banyak membaca buku-buku oleh beberapa filsuf Pencerahan Prancis. 

Dari sini dia mempunyai pandangannya sendiri masalah teori yang nantinya jadi dasar buat dianya membangun Illuminati. Weishaupt berpikiran, jika beberapa ide keagamaan tidak jadi skema keyakinan yang ideal untuk memerintah warga kekinian. Jelas, pertimbangan ini berseberangan dengan pemerintah Bavaria yang berpedoman skema konvensional serta berdasarkan ajaran Katolik. 

Di inspirasi dari barisan Freemason sampai pada akhirnya membangun illuminati 

Bertepatan dengan inspirasi yang dipunyai Weishaupt, organisasi rahasia seperti Freemason tengah bertumbuh cepat pada periode itu. Mereka juga banyak memberi penawaran pada beberapa pengikut memahami pertimbangan bebas (free thinker) jenis Weishaupt. Walau pernah tertarik, dia pada akhirnya tidak jadi masuk sebab memandang ide Freemason tidak searah dengan dianya. 

Waktu itu, Weishaupt tengah semangat pelajari buku-buku yang mengulas tema-tema masalah esoteris (kegaiban) serta saluran Kabbala. Dia juga selanjutnya membuat kelompoknya sendiri yang diberi nama Iluminati pada 1 Mei 1776. Mengangkat akar pertimbangan sebelumnya Weishaupt, organisasi yang berbentuk rahasia itu berdiri untuk menantang impak agama pada kehidupan warga. Dari sini, stigma jelek masalah Illuminati mulai jadi perhatian. 

Dibubarkan oleh pemerintah ditempat serta Weishaupt diusir 

Menurut Weishaupt, semangat yang diusung Iluminati adalah perwujudan kebebasan yang sebetulnya, Dimana ini diawali dengan tidak memaku pemikiran pada standard kepribadian yang dipastikan oleh agama. Illuminati juga bertumbuh cepat sesudah memperoleh pertolongan dari diplomat kenamaan Jerman, Baron Adolf Franz Friedrich serta Freiherr von Knigge. Beberapa dari anggota Freemason diambil untuk beralih ke Illuminati. 

Dikutip dari BBC (06/12/2017), Illuminati pernah mempunyai jumlah anggota sekitar 2.000 orang yang menyebar di Bavaria (Jerman), Italia, Prancis, Polandia serta Hungaria. Sebab pertimbangan organisasi itu dipandang mencelakakan, pemerintah Bavaria pada akhirnya membuyarkan Illuminati. Weishaupt sendiri kehilangan jabatannya di Kampus Ingolstadt serta diusir. Dia juga habiskan tersisa hidupnya di Kota Gotha, Jerman, 300 km di utara Ingolstadt. 

Illuminati memang sudah buyar. Tetapi, kehadiran organisasi itu lalu dihubungkan dengan rangkaian insiden besar dunia, yang ujung-ujungnya jadi teori konspirasi serta diperdebatkan warga. Organisasi itu disebut ada dibalik kericuhan Revolusi Prancis, pembunuhan Presiden AS John F. Kennedy sampai momen robohnya menara kembar WTC pada 11 September 2001. 

Impak besar Illuminati juga sebenarnya tidak betul-betul dilalaikan, tetapi diberikan lagi berbentuk fiksi serta fantasi di masa kekinian. Seperti The Illuminatus Trilogy karya Robert Shea serta Robert Anton Wilson, dan novel terkenal karangan Serta Brown, Angels and Demons, yang filmnya diperankan oleh aktor kawakan Tom Hanks. Beberapa produk seni itu, jelas tidak merepresentasikan kehadiran Illuminati dengan cara utuh. 

Adam Weishaupt memang alami keterasingan diakhir hidupnya sesudah Illuminati dilarang untuk bertumbuh. Walau terbuang, kehadiran organisasi itu di masa datang terus dihubung-hubungkan dengan rangkaian insiden besar di semua penjuru dunia. Dari sanalah selanjutnya ada beberapa teori konspirasi yang sekarang dikonsumsi serta sering mengundang pembicaraan di golongan warga.
UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA KONSPIRASI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com